Hasil Lengkap Pekan Pertama Serie A Italia

Atalanta menang telak atas Frosinone

Giornata pertama Serie A diawali dengan kabar buruk dengan adanya badai yang merobohkan sebuah jembatan di kota Genoa. Beberapa hari sebelum sepak mula perdana Serie A musim ini, jembatan Morandi di Genoa roboh dan memakan puluhan korban jiwa. Akibat kejadian tersebut, tim Genoa dan Sampdoria meminta FIGC untuk menunda pertandingan pertama mereka. Pertandingan Milan vs Genoa dan Sampdoria Fiorentina akhirnya resmi ditunda. Untuk menghormati kejadian tersebut, pertandingan lain di pekan pertama Serie A diawali dengan doa bersama dan pengenaan pita hitam di lengan para pemain.

Giornata pertama diawali oleh pertandingan Chievo yang menjamu juara bertahan Juventus. Awalnya, Juventus yang kini diperkuat megabintang Ronaldo, bakal menang mudah karena Khedira langsung menjebol gawang Sorrentino ketika pertandingan baru saja berjalan tiga menit. Namun setelah itu, serangan pemain-pemain Juventus yang dimotori Ronaldo kesulitan menambah keunggulan. Sorrentino dan pemain belakang Chievo lebih displin dalam menjaga pertahan mereka. Berkali-kali Ronaldo dan Costa melakukan tembakan namun masih belum mengenai sasaran. Di tengah dominasi Juventus, Giaccherini sang mantan, melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti yang berhasil dengan apik disambut oleh Stepinski. Gol! Kedudukan sama kuat hingga turun minum.

Juventus semakin terkejut karena Chievo berhasil unggul 2-1. Giaccherini semakin menjadi momok menakutkan Bianconeri karena sukses mengonversi penalti bagi Chievo pada menit 56. Dengan adanya gol tersebut, Juventus semakin gencar melakukan serangan. Usaha Juventus tidak sia-sia, menit 75, Bani melakukan gol bunuh diri karena salah antisipasi tendangan sudut yang dilakukan Bernadeschi. Juventus semakin menggila dengan memborbardir pertahanan Chievo. Sorrentino benar-benar menjadi spirit Chievo dengan penyelamatan-penyelamatannya. Hingga akhirnya kemelut di depan gawang Chievo yang mengakibatkan Sorrentino cedera dan tidak bisa meneruskan pertandingan karena bertabrakan dengan Ronaldo. Setelah Sorrentino diganti, Bernadeschi menjadi penentu kemenangan Juventus dengan golnya pada menit 90+3. Hasil akhir 2-3 untuk kemenangan Juventus.

Setelah laga tersebut, ada Lazio yang menjamu Napoli. Napoli yang kini ditukangi pelatih gaek Ancelotti akhirnya bisa menyudahi pertandingan dengan kemenangan. Lazio yang bermain impresif unggul lebih dulu melalui Immobile pada menit 25. Namun Arkadius Milik berhasil menyamakan kedudukan di pengujung babak pertama. Dan puncaknya, Napoli membalikan kedudukan melalui Insigne di menit 75.

Roma juga susah payah saat menantang Torino. Torino bermain sangat dispilin, menyerang mapun bertahan. Namun, Roma membuat peluang terlebih dahulu melalui Kolarov Dzeko. Sepakan keduanya sama-sama mengenai mistar gawang Torino. Tuan rumah juga mempunyai peluang yang sama ketika tendangan keras Rincon, lagi-lagi, mengenai mistar gawang. Bahkan Torino berpeluang unggul jika gol Falque tidak dianulir oleh VAR! Dzeko akhirnya menuntaskan perlawanan il Toro dengan tendangan voli melengkung yang menghunjam ke sisi kiri gawang Sirigu setelah menerima umpan pemain anyar Justin Kluivert.

Kejutan datang dari Mapei Stadium setelah Sassuolo mampu mengalahkan Inter. Inter yang sepertinya akan sukses karena mendatangkan pemain-pemain yang cukup mumpuni, ternyata lagi-lagi tersandung oleh Sassuolo berkat gol penalti Domenico Berardi di menit 27. Ivan Perisic yang masuk di babak kedua tidak mampu membalikkan keadaan. Skor 1-0 untuk Sassuolo bertahan hingga akhir pertandingan.

Pekan ini ditutup oleh kemenangan besar Atalanta atas Frosinone sang pendatang baru. Atalanta menang telak 4-0 di stadion Atleti Azzuri d'Italia. Gol-gol Atalanta dicetak oleh Alejandro Gomez (2), Hans Hateboer dan Mario Pasalic.

Berikut hasil lengkap pekan pertama Serie A Italia

Chievo 2 - 3 Juventus
(38' Stepinski, 56' Giaccherini (P) / 3' Khedira, 75' Bani (OG), 90' + 3' Bernardeschi)

Bologna 0 - 1 Spal
 (71'Kurtic)

Empoli 2 - 0 Cagliari
 (14' Krunic, 51' Caputo)

Lazio 1 - 2 Napoli
(25' Immobile / 45+2' Milik, 59' Insigne)

Parma 2 - 2 Udinese
(43' Inglese, 59' Barilla / 65' De Paul (P), 69' Fofana)

Sassuolo 1 - 0 Inter
(27' Berardi (P))

Torino 0 - 1 Roma
(89' Dzeko)

Atalanta 4 - 0 Frosinone
(14' Gomez , 48' Hateboer, 61' Pasalic, 90' + 2' Gomez)

Foto: Associated Press

Komentar